20 November 2015

Friday, November 20, 2015
1

Bekas...namanya juga bekas..apalagi mobil bekas yang sudah berumur lebih dari 20 tahun,pasti mobkas tersebut ada salah satu atau beberapa organ part penting-nya yang musti harus diganti.


Ini adalah pengalaman pribadi saya, cari2 di internet iklan mobil bekas setelah beberapa hari pilihan jatuh pada mobil buatan italia..yaitu FIAT UNO. Yang saya dapet ada fiat uno 2 tahun 91...yah secara kondisi eksterior dan interior masih lumayan sih. Harga ya terbilang murah ..cuman 15 juta minus pajak telat.

Sebelum deal dengan penjual saya coba test drive dan all around so far so good..mesin masih alus, temperatur normal dan kopling gigi persneling aman. Dan akhirnya saya putuskan deal dengan penjualnya.

Selang beberapa minggu kemudian..si FIAT Uno ini coba saya ajak jalan jauh sesekali duakali aman ndak ada masalah dg temperatur atau mogok.Naa ..setelah beberapa kali diajak jalan jauh baru muncul penyakitnya..yaitu temperatur cepet naik, ya terpaksa harus berhenti dulu untuk menurunkan suhu mobil biar dingin lagi.

Keesokan harinya si UNO saya bawa ke bengkel spesialis radiator..coba dibongkar dan di cek gak ada yg bocor baik itu selang dan kapiler ruas pendingin radiator. Begitu sudah beres...coba saya ajak jalan jauh lagi dan hasilnya kok temperatur panas cepet naik lagi....waduh ..gaswat , kenapa ini bisa terjadi..padahal kemarin sudah cek-up ke bengkel khusus radiator.

Ya..mungkin ke-alpaan manusia..si teknisi bengkel tidak mengecek itu namanya water-pump. Tahu nggak apa itu water-pump..part penting ini bertugas membantu pompa sirkulasi air radiator. Dengan water-pump air yang berfungsi untuk menstabilkan temperatur dinding blok mesin dg cara air terus memumatar.

Naa..kasusnya adalah kenapa FIAT UNO saya cepet bingit panas temperatur-nya ternyata si water-pump ini sudah tua dan bocor. Pada putaran mesin yang tinggi dan jarak jauh perjalanan...air radiator merembes alias bocor dari si water-pump ini hingga mengakibatkan air radiator habis.



Akhirnya ketemu juga penyakitnya...saran dari bengkel langganan..spare part water pump termasuk part inti..harus diganti BARU ..jangan di akalin part yg lama dan sdh bocor itu. Dan sekarang FIAT Uno 2 saya sdh terbebas dari penyakit panas demam begitu ganti pakai part water pump baru....aseekkk...bisa jalan jauh lagi tanpa was2 temperatur cepet naik.
Loading...