01 February 2016

Monday, February 01, 2016

Siang ini hendak ketemu kawan di kawasan perkantoran benhill Naik motor matic. Sebenernya sudah sejak 2 bulan lebih saya sudah mulai melihat gelagat motor minta dimanja alias minta servis di bengkel. Mulai dari suara mesin kasar, start otomatis matot dan yg paling menonjol adalah setiap motor di parkir semalaman...selalu ada tetesan bekas oli..salahnya adalah ..saya remehkan aja tetesan oli itu.


Berangkat dari ciputat setelah dzuhuran si metik saya kendarai standar aja..nggak ngebut....tiba2 dekat kantor kompas palmerah..mesin motor tiba-tiba mati..blegh...blegh...blegh. Coba saya sela paki kaki ..sekali..dua kali dan tiga kali akhirnya motor metik ku bisa hidup lagi...padahal depan pas motor saya mati ada bengkel..sempet kepikiran mau sy bengkelin dulu aja kali ya.

Tapi saya tetep ngeyel...dalam hati...ah entar dulu deh...cari bengkel deket rumah aja. Begitu motor saya sela pake kaki hidup..saya jalan lagi tuh pake motor...gak jarak jauhnya...kisaran 2 km kurang...motor mati mendadak lagi brai. Fyuuhh...mangkin galau dah hati eikehh...

Coba saya diemin motor sekitar 2 menit..dan saya sela lagi ..bisa hidup lagi...ahh...naikin lagi deh sampenya sampe mana...lagi2 bandel saya, nggak lama kemudian mesin metik mati lagi...dan naas-nya sela kaki stag brooo..seperti macet gitu sela kakinya..waduuuhhh...kayaknya piston ngejam nih...makin meyakinkan saya..oli diruang mesin pasti habis gara2 netes tiap hari.

Hadeeeuuuhhhh...kondisi lagi jalanan panas begini...mau gak mau harus berjuang ngedorong motor cari bengkel terdekat..dan akhirnya nemu deh bengkel motor..smoga ajah bener2 bagus...begitu saya masukin motor ke bengkel motor tsb...dan alangkah senangnya saya disapa ramah oleh sang pemilik bengkel yg berlokasi di jalan raya palmerah barat sebrang SMP Negeri 6 Jakarta.


Langsung saya utarakan sebab musabab kenapa motor mati ke pemilik bengkel..dan pemilik bengkel langsung menyimpulkan...itu sudah pasti 100% pesen oli-nya habis dan si piston mekar jadilah ngejam. Begitu dibuktikan buka baut penutup oli mesin teryata bener oli kosong..adapun tetesan cuman sisa sesendok.

Si engkoh pemilik bengkel ini ngasih tips2 kalo dapat kejadian kayak begini mesin kasar dan tiba2 mati..langkah daruratnya adalah segera tambah oli ke bengkel terdekat..dan sebisa mungkin hindari menyalakan motor lagi kalo belum di tambah oli...akibatnya bisa fatal brai..yaitu piston muai dan ngejam. Langkah selanjutnya setelah diberikan pertolongan darurat...bila bagian mesin dibawah masih netes...artinya motor anda harus bongkar mesin guna masalah oli yang menetes tersebut.

Trims engko bengkel atas tips-nya...
Loading...