16 May 2016

Monday, May 16, 2016

Rupanya masih banyak orang yang penasaran bertandang ke lokasi ambulans 'horor' yang biasa mejeng di halaman rumah, Jalan Bahureksa No.15, Kota Bandung, Jawa Barat. Namun ketika tiba ke tempat tujuan, mereka harus kecewa lantaran ambulans tersebut sudah tidak mangkal.

Sejak Maret 2016 lalu ambulans yang menjadi urban legend di Kota Bandung ini diangkut pemiliknya ke Parung, Bogor. 

"Masih ramai orang-orang yang datang ke sini. Baik itu perorangan, maupun rombongan. Biasanya berkunjung pada Sabtu atau Minggu. Mereka penasaran dengan ambulans 'hantu'. Tapi kan sekarang ambulansnya enggak ada," ucap Agus Trijadi (51), salah satu penyewa ruangan di rumah tersebut, saat berbincang bersama detikcom, Senin (16/5/2016).

Sewaktu ambulans masih nampak wujudnya, sambung Tri, sapaan pria itu, sebelum orang-orang silih berganti melihat langsung ambulans tersebut. Seringnya, dia melanjutkan, para tamu itu datang malam hari.

"Rata-rata bukan orang Bandung, justru dari Jakarta. Banyaknya mobil pelat B," ujar Tri yang sejak 2006 menyewa satu ruangan di lahan rumah itu untuk usaha foto copy.

"Ambulans Bahureksa menjadi ikon Bandung serta salah satu tempat wisata mistis," kata Tri menambahkan.

Senada diungkapkan M. Renaldi (20), pekerja di tempat foto copy milik Tri. Menurut Renaldi, hingga kini, terutama akhir pekan, secara bergelombang orang-orang menyambangi ambulans 'horor'.

"Kemarin-kemarin, sejumlah orang datang. Intinya, mereka menanyakan kenapa ambulans di lokasi ini enggak ada. Ya saya bilang ambulansnya sudah diangkut," ujar Renaldi.

Pekan lalu, Renaldi menerangkan, beberapa mobil pelat B harus melanjutkan perjalanan setelah mengetahui ambulans usang itu tak nampak di lokasi. 

Memang selama ini, keberadaan ambulans di Jalan Bahureksa menjadi salah satu destinasi bagi sejumlah pelancong.  "Mayoritas mengaku wisatawan dari Jakarta. Mereka setelah belanja atau liburan di Bandung, menyempatkan mampir ke lokasi ambulans Bahureksa," kata Renaldi.

Selama ini, keberadaan ambulans usang berkondisi rusak yang mangkal di halaman rumah tersebut kerap dikait-kaitkan dengan cerita horor yang dibumbui ragam mitos bernuansa mistis. Tayangan acara menguji nyali orang pernah beberapa kali syuting di tempat ini.

Berada di dekat kawasan Factory Oultet (Jalan Martadinata) dan Jonas Photo (Jalan Banda), lokasi ambulans Bahureksa tak asing bagi sebagian orang, terutama warga Kota Bandung. Popularitas Jalan Bahureksa kadung melegenda dengan trademark mobil ambulans yang selalu parkir di halaman rumah.

Bahkan, hikayat ambulans Bahureksa pernah diangkat ke layar lebar oleh sutradara Koya Pagayo. Koya menggarap film bergenre horor berjudul 'Hantu Ambulance' yang tayang perdana pada 21 Februari 2008. Film tersebut dibintangi antara lain Suzanna, Dimas Andrean dan Sankar RS. (bbn/dra) SUMBER

Ambulan Horor Bandung Sudah Dijual Ke Lapak Mobil Tua Parung





Loading...